Menyusun rencana karier
06.40 Diposting oleh adhi4u
Perencanaan Karier yang baik haruslah mempertemukan antara kebutuhan organisasi dan Kebutuhan individu. Artinya perencanaan karier yang anda buat haruslah seiring dan sejalan dengan perencanaan organisasi, kebutuhan organisasi.
Organisasi yang baik haruslah menyediakan sistem menajemen karier yang memiliki prinsip yang adil dan dan memberi tantangan.
Membuat rencana karier dimulai dengan membuat sasaran karier/posisi puncak yang dituju dan harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan. Rencana karier harus memperhatikan :
- Klasifikasi Jabatan.;
- Golongan dan jenjang jabatan (Funtion dan grade);
- Kompetensi yang disaratkan posisi yang dituju;
Persaratan posisi yang lengkap diperusahaan biasanya terdiri :
- Kompetensi perilaku;
- Kompetensi Tehnis;
- Pengalaman yang dibutuhkan;
- dan Jalur Karier yang disiapkan organisasi;
- Perencanaan Karier :
- Yang Pertama hal-hal yang anda minati, dan jalur spesialis atau generalis. Spesialis adalah pekerjaan yang menirik beratkan pekerjaan pada keahlian khusus, sehingga memerlukan keahliah teknis khusus yang mendalam dan biasannya diorganisasi disebut jalur fungsional.
- Yang Kedua yang harus anda perhatikan adalah Jenjang karier yang menggambarkan tingkatan atau peran terstruktur yang ada dalam organisasi. Jadi biasanya disetiap organisasi ada pengelompokan sesuai fungsi dan setiap kelompok ada jenjang. Setiap kelompok pekrejaan mempunyai prasyarat yang harus dipenuhi. Prasarat itu biasanya meliputi 3 hal yaitu :
- 1. Kompetensi perilaku, misal: kemampuan analis, membuat keputusan, berinovasi, membimbing orang lain. Komptensi perilaku umunya meliputi 4 ha yaitu : Kualitas pribadi, kepemimpinan, hubungan antar pribadi, dan bisnis.
- 2. Kompetensi Tehnis, yaitu pengetahuan tehnis. mis; Manajer Akutansi memiliki pengetahuan akutansi, manajemen hutang, membuat laporan keuangan dll.
Yang Ketiga adalah menetapkan tahapan yang akan dilalui dan menetapkan targeat waktu yang diperlukan pada setiap tahapan.
Yang Keempat dan yang terakhir adalah pelajari prosedur, kebijakan, dan jalur karier yang ada dalam organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar